Sunday, November 7, 2010

Raja-Raja BUGIS di Malaysia

Sejak zaman berzaman, orang Bugis terkenal sebagai perantau sehingga banyak catatan sejarah membuktikan kemampuan mereka sebagai perantau ulung ke seluruh dunia sehingga ke Austrlia, Madagascar dan Afrika Selatan. Konflik yang timbul sesama kerajaan Bugis pada abad 16, 17, 18 dan 19, menyebabkan meningkatnya jumlah orang Bugis yang merantau ke kawasan pesisir Nusantara seperti ke Malaysia, Filipina, Brunei dan Thailand.

Bagi mereka berketurunan Bugis di Malaysia, mereka turut berperanan mewarnai kejayaan politik, ekonomi dan pelbagai kegiatan sosial lain. Presiden Kolej Teknologi Islam Antarabangsa Melaka. Prof. Emeritus Datuk Dr. Mohd Yusoff Haji Hashim dalam penyelidikannya mendapati bahwa hampir 9 di antara Raja-Raja di Malaysia adalah berketurunan Bugis.

Lihat petikan berita mengenai perkara ini:

Raja-Raja di Malaysia Berdarah Bugis

Rabu, 27 Juni 2007 15:06 WIB | Hiburan

Makassar (ANTARA News) - Dari sembilan raja yang memerintah di Malaysia, ternyata pada umumnya merupakan keturunan Raja Bugis dari Kerajaaan Luwu, Sulawesi Selatan.

Hal itu terungkap pada Seminar Penelusuran Kerabat Raja Bugis, Sulsel dengan raja-raja Johor-Riau-Selangor, Malaysia di Makassar, Rabu.

"Berdasarkan hasil penelusuran silsilah keturunan dan tinjauan arkeologi diketahui, 14 provinsi di Malaysia, sembilan diantaranya diperintah oleh raja yang bergelar datuk (dato`) atau sultan, sedang empat provinsi lainnya diperintah gubernur yang bukan raja," kata Prof Emeritus Dato` Dr Moh Yusoff bin Haji Hasyim, President Kolej Teknologi Islam Antarbangsa Melaka...LAGI..

1 comment:

  1. Ass.Alaikum.... Postingannya cukup memberi pengetahuan, serta penguatan kita ini sebagai orang bugis, haruslah menjaga nama baik itu..... Salam Sukses sobat, Yuk ditunggu kunjungan baliknya.

    ReplyDelete